Latest News

NUTRISI YANG DI BUTUHKAN IBU HAMIL

       
       Seiring pertambahan usia kandungan, maka kebutuhan gizi ibu hamil pun akan meningkat. Oleh karena itu, Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang penuh gizi dan nutrisi sebagai penunjang kesehatan bagi Ibu dan janin. Ada beberapa zat yang harus terpenuhi bagi Ibu hamil.

Protein, Lemak, dan Karbohidrat

Ibu hamil memerlukan sekitar 2.485 kalori setiap hari. Dalam keadaan normal, wanita dewasa hanya membutuhkan 2.200 kalori. Sumber lemak yang utama adalah daging, susu, telur, mentega, dan minyak nabati.



Protein juga merupakan sumber kalori dan sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan plasenta, otak janin, dan suplai darah merah. Jumlah protein setiap harinya adalah 60 gr, sedangkan  wanita dewasa hanya memerlukan 48 gr. Untuk mengatur penggunaan protein, tubuh memerlukan bantuan B6  dan B12 untuk mengurangi rasa mual. Bahan makanan yang sangat kaya akan protein adalah ikan laut, seperti salmon, tuna, dan jenis kacang-kacangan.

Karbohidrat merupakan sumber energi tambahan namun sangat diperlukan pada masa akhir kehamilan untuk persiapan persalinan. Sumber yang baik adalah karbohidrat kompleks seperti roti, serealia, nasi dan pasta.

Zat Besi dan Vitamin C

Sumber bahan makanan yang kaya akan zat besi dari produk hewani adalah telur, daging merah, dan hati. Sedangkan produk nabati di antaranya kacang-kacangan, sayuran hijau seperti bayam, dan brokoli, apricot kering, dan roti gandum.

Tubuh perlu waktu untuk dapat menyerap zat besi dari bahan makanan nabati. Untuk memudahkannya diserap ke dalam tubuh, zat besi membutuhkan bantuan vitamin C. Bahan makanan yang banyak mengandung vitamin C adalah jeruk, lemon, kismis, strawberry, kiwi, tomat, dan sayuran hijau.

Kalsium

Kalsium sangat dibutuhkan saat hamil karena kalsium berguna ketika ibu menyusui. Dampak negatif jika kekurangan kalsium saat masa kehamilan adalah rasa ngilu pada tubuh ketika menyusui anaknya. Bahan makanan yang kaya akan kalsium adalah produk susu seperti keju dan yogurt, sayuran hijau, ikan dengan tulang yang lembut seperti salmon dan sarden, biji-bijian tahu jus jeruk, dan susu kedelai.

Asam Folat

Kebutuhan asam folat pada masa kehamilan yaitu sebesar 200 mg/hari. Bahan makanan yang kaya akan asam folat adalah sereal, roti gandum, sayuran hijau, toge, dan kacang-kacangan.

Vitamin D

Vitamin ini sangat dibutuhkan tubuh untuk pembuatan kalsium dan fosfor. Kedua mineral ini sangat diperlukan ibu hamil, terutama dalam proses pembentukan tulang dan gigi.

Serat

Serat diperlukan karena umumnya ibu hamil akan mengalami kesulitan dalam buang air besar dan ambeien (haemorrhoid). Serat dapat diperoleh melalui sereal, beras merah, dan buah-buahan.

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bagi Ibu hamil, Anda bisa menambahkan suplemen yang tepat bagi kesehatan ibu dan anak. NUTRILITE Daily Personal Size merupakan suplemen dasar yang melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral harian tubuh yang hilang dari pola makan sehari-hari. Daily menyediakan 11 vitamin, 7 mineral dan dilengkapi 6 konsentrat eksklusif NUTRILITE™ untuk melengkapi kebutuhan gizi harian tubuh Anda.

KIM MOJO SURABAYA Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.